by

Daftar Game Esport Terpopuler di Asia Tenggara

Olahraga elektronik atau eSport belakangan ini sepertinya tambah populer di Indonesia. Pasalnya,terdapat beberapa game yang mulai dipertandingkan dengan serius. Bahkan, ekosistem eSport juga semakin berkembang, dari banyaknya pemain game profesional, media digital gaming, sampai lomba-lomba eSport yang besar.
Tahun lalu, eSport menjadi salah satu cabang olahraga yang diuji coba, dan akan dipertandingkan secara resmi pada SEA Games 2019 nanti di Filipina. Kali ini Okezone akan merangkum beberapa game eSport terpopuler, khususnya di Asia Tenggara.

Mobile Legends
Game ber-genre multiplayer online battle arena atau MOBA ini dikembangkan oleh developer asal Shanghai yang bernama Moonton. Menurut Esport Manager Moonton Indonesia, Lius Andre, menyebutkan bahwa game ini menjadi nomor 1 di beberapa negara Asia Tenggara, seperti Filipina, Myanmar, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Mobile Legend juga kerap dipakai sebagai game yang dipertandingkan dalam ajang bergengsi di Indonesia, yang contohnya adalah Mobile Legends: Bang Bang Professional League dan Piala Presiden. Tidak cukup sampai di situ, game tersebut juga akan dipertandingkan dalam ajang multinasional atau SEA Games 2019. SEA Games 2019 akan diselenggarakan di Manila, Filipina, pada 30 November hingga 11 Desember nanti.

Dota 2
Game yang dikembangkan oleh Valve Corporation ini adalah jenis game yang dimainkan oleh beberapa pemain secara live. Dota 2 mempunyai lebih dari 100 karakter yang bisa dimainkan dan berbagai senjata, power up, serta perangkat tambahan yang lebih mahal yang dapat dibeli pemain untuk meningkatkan kemampuan dan daya tempur.

Game ini juga sangat populer di kalangan para gamer dan ranah eSport. Beberapa event yang mempertandingkan game ini di antaranya adalah turnamen ESL One dan Dota 2 The International. Seperti mobile legends, Dota 2 juga akan dipertandingkan dalam SEA Games 2019 di Manila, Filipina..

Pro Evolution Soccer (PES)
Game yang dikembangkan oleh Konami ini memiliki genre olahraga, khsuusnya tentang sepakbola. Permainan ini dapat dimainkan dalam berbagai platform seperti Android, Playstation 4, Xbox, serta Nintendo. Game ini juga menjadi salah satu cabang eSport pada Asian Games tahun lalu.
Salah satu event internasional tahunan paling populer yang mempertandingkan game ini adalah PES League.

Arena of Valor (AOV)
Game yang dikembangkan oleh Timi Studio Group dan Tencent ini mempunyai genre Multiplayer Online Battle Arena atau MOBA. AOV mempunyai dua tim (Light dan Dark) yang bertarung satu sama lain hingga selesai di arena 3 vs 3 atau 5 vs 5. Sama seperti PES, game ini juga dipertandingkan pada Asian Games 2018 lalu.

Clash Royale
Clash Royale adalah game defense tower yang dikembangkan dan di-publish oleh Supercell. Permainan ini memadukan unsur-unsur dari permainan kartu koleksi dan mempertahankan menara.
Game ini juga menjadi salah satu cabang olahraga dalam pertandingan eSport uji coba pada Asian Games 2018 lalu. Kabar baiknya, wakil Indonesia, Ridel Yesaya Sumarandak, mendapat medali emas dalam ajang tersebut.

PUBG

Esport

Walaupun sedang menjadi perbincangan hangat di Indonesia karena tengah dikaji fatwa haram oleh MUI, game PUBG masih menjadi salah satu game mobile dan PC yang populer di Indonesia. Versi PC dari PUBG juga masuk dalam daftar game dengan penjualan terlaris dan menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan. Pencapaian tersebut berlaku pada distribusi game digital di platform Steam.

PUBG Corp baru-baru ini mengungkap bahwa PUBG Mobile mempunyai lebih dari 200 juta pemain, nyaris menyamai Fortnite. Pertandingan eSport PUBG yang cukup populer di antaranya adalah PUBG Mobile Club Open (PMCO) dan PUBG Esport Global Champion.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *